Pengertian Massa Molar

MM
Ketika membuat larutan, bagaimana saya tahu berapa banyak dari setiap bahan yang akan dimasukkan ke dalamnya? Saya ingin membuat larutan yang mengandung 1,8 mol kalium dikromat. Saya tidak memiliki timbangan yang dikalibrasi dalam molekul, tapi saya punya satu timbangan yang dikalibrasi dalam gram. Jika saya mengetahui hubungan antara mol dan jumlah gram pada mol, saya dapat menggunakan timbangan saya untuk mengukur jumlah material yang dibutuhkan.

MASSA MOLAR

Massa molar didefinisikan sebagai massa satu mol partikel yang mewakili dari suatu zat. Dengan melihat pada tabel periodik, kita dapat menyimpulkan bahwa massa molar lithium adalah 6.94 g, massa molar dari seng adalah 65,38 g, dan massa molar emas adalah 196,97 g. Masing-masing dari jumlah ini mengandung 6,02 × 1023 atom dari unsur tertentu. Satuan untuk massa molar adalah gram per mol atau g / mol.

MASSA MOLAR SENYAWA

Sebuah rumus molekul dari senyawa karbon dioksida adalah CO2. Salah satu molekul karbon dioksida terdiri dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen. Kita bisa menghitung massa satu molekul karbon dioksida dengan menambahkan bersama-sama massa 1 atom karbon dan 2 atom oksigen.
12,01 amu + 2 (16,00 amu) = 44,01 amu
Massa molekul senyawa adalah massa satu molekul senyawa itu. Massa molekul karbon dioksida adalah 44,01 Amu.
Massa molar senyawa apapun adalah massa dalam gram dari satu mol senyawa itu. Satu mol molekul karbon dioksida memiliki massa 44,01 g, sedangkan satu mol natrium sulfida dalam satuan rumus memiliki massa 78,04 g. Massa molarnya adalah 44,01 g / mol dan 78,04 g / mol untuk masing-masing. Dalam kedua kasus, itu adalah massa dari 6,02 × 1023partikel yang representatif. Partikel representatif CO2 adalah molekul, Sementara untuk Na2S, itu adalah satuan rumus.
Soal Contoh: Massa Molar dari Senyawa
Kalsium nitrat, Ca (NO3)2, digunakan sebagai komponen dalam pupuk Tentukan massa molar dari kalsium nitrat.
Langkah 1: Tulis besaran yang diketahui dan tidak diketahui dan merencanakan masalah.
Diketahui
rumus = Ca (NO3)2
massa molar Ca = 40.08 g / mol
massa molar N = 14,01 g / mol
massa molar O = 16,00 g / mol
Tidak diketahui
massa molar Ca (NO3)2
Pertama kita perlu menganalisis rumus kimianya. Karena Ca tidak memiliki subscript, berarti hanya ada satu atom Ca. 2 di luar kurung berarti bahwa ada dua ion nitrat dan masing-masing ion nitrat terdiri dari satu atom nitrogen dan tiga atom oksigen. Oleh karena itu, ada total dari 1 × 2 = 2 atom nitrogen dan 3 × 2 = 6 atom oksigen per unit susu formula. Dengan demikian, 1 mol kalsium nitrat mengandung 1 mol atom Ca, 2 mol atom N, dan 6 mol atom O.
mol nitrat
Ringkasan
Perhitungan yang dijelaskan diatas untuk penentuan massa molar dari atom atau senyawa.
Share on Google Plus

About Unknown

0 comments:

Post a Comment